WISATA DI TULUNGAGUNG

Minggu, 28 September 2014

nih guys aku posting beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi saat kalian visit di tulungagung 

 PANTAI POPOH

tulungagung

Pantai Popoh, adalah salah satu obyek wisata pantai yang terletak di Tulungagung, tepatnya di pesisir Samudra Hindia, 30 Km sebelah selatan kota Tulungagung.
Pantai yang langsung berhadapan langsung dengan laut Bebas Samudera Hindia ini memang banyak menawarkan keeksotikan keindahan panorama pantai, baik wisata bahari maupun keindahan deburan ombaknya.
Pantai Popoh merupakan salah satu obyek wisata andalan daerah Tulungagung, berbagai acara selalu diadakan di kawasan wisata ini baik itu musik ataupun acara-acara lain. Hampir setiap hari libur dan hari besar kawasan wisata ini selalu dipadati pengunjung, baik yang berasal dari sekitar Tulungagung maupun luar Tulungagung bahkan tidak sedikit yang berasal dari luar negeri.
Pantai Popoh berbentuk teluk dan berada di ujung timur pegunungan Kidul. Air yang cukup tenang, angin laut yang tidak begitu kuat, dan keindahan gunung disekitar teluk telah menjadi daya tarik utama pantai ini.

BENDUNGAN WONOREJO

tulungagung

Bendungan Wonorejo, adalah bendungan terbesar di Asia Tenggara, dengan debit 15000 m3 per detik. Bendungan ini terletak di sebelah barat kota Tulungagung, tepatnya du desa Wonorejo, kecamatan Pagerwojo, dan berfungsi sebagai pembangkit tenaga listrik, pengairan, perikanan, olah raga dan tempat rekreasi.
Sebagai satu tujuan wisata, Bendungan ini dilengkapi dengan beberapa prasara seperti, taman bermain, area pemancingan, speed boat, penginapan dan sarana untuk hiburan.
Hamparan air bendungan yang tenang dan berwarna biru menyapa siapa pun yang berkunjung ke Bendungan Wonorejo, 12 kilometer dari Kota Tulungagung. Suasana sejuk di salah satu bendungan terbesar di Asia Tenggara itu selaras dengan suasana alam sekitarnya yang serba hijau dan rindang. Di kanan-kiri jalan terhampar sawah dan deretan pepohonan.

AIR TERJUN LAWEAN

Air terjun Lawean, terletak di dusun Turi, desa Geger, kecamatan Sendang, 25Km arah barat daya kota Tulungagung. Dengan ketinggian 1200 M dari permukaan laut, air terjun ini merupakan bagian dari lereng gunung Wilis.
Untuk menuju lokasi air terjun, pengunjung harus menempuhnya dengan berjalan kaki sekitar 3 Km. Dengan 9 kali menyeberangi sungai, dan melewati hijaunya perbukitan di sela-sela perjalanan, perjalanan yang melelahkan akan terbayar dengan keindahan yang ditawarkan oleh air terjun ini.
Tidak jauh dari air terjun Lawean, terdapat juga air terjun lain yang tidak begitu tinggi tapi juga tak kalah mempesona untuk dikunjungi, yaitu air terjun Panda Wangi. Di lokasi yang lain lagi, yang juga tidak jauh, terdapat Candi Penampehan. Semua lokasi di sekitar air terjun sangat layak untuk dikunjungi.

PANTAI SINE

tulungagung Pantai Sine terletak di desa Kalibatur, kecamatan Kalidawir, 35 Km arah selatan kota Tulungagung. Pantai Sine ini merupakan pantai bebas dengan ombak yang cukup besar selain itu Pantai Sine ini merupakan pantai alam berbentuk teluk di pesisir selatan Kabupaten Tulungagung.
Selain menyajikan keindahan alami Pantai Sine ini juga menyajikan keragaman budaya lokal masyarakat sekitar, seperti kesenian wayang kulit yang dipertunjukkan setiap tanggal satu suro. Ditambah lagi, prosesi larung sesaji yang dipercaya untuk mengusir semua hal-hal buruk ataupun acara mencuci atau memandikan senjata kuno seperti keris dan tombak dari para sesepuh masyarakat.
Setelah Pantai Sine, ada Pantai Klatak. Pantai ini terletak di Desa Keboireng, Kecamatan Besuki. Pantai Klatak menawarkan panorama ombak Laut Selatan, dimana pengunjung bisa memancing, mandi matahari, melakukan olah raga voli pantai, dsb.
Keindahan lain saat mengunjungi pantai Klatak ini adalah bersihnya pasir yang terhampar di sepanjang bibir pantai, angin yang semilir seakan membelai kita dan udara yang sejuk di tengah deburan ombak yang gemuruh tenang. Sangat pantas untuk dikunjungi dengan keluarga dan teman-teman terdekat sebagai tempat rekreasi di kala senggang.

CANDI MIRIGAMBAR

Candi Mirigambar terletak di desa Mirigambar, kecamatan Sumbergempol, Tulungagung. Candi ini tersusun dari batu bata. Meskipun hanya berbentuk reruntuhan, akan tetapi keagungannya masih bisa terlihat sampai sekarang.
Keindahan tersebut tercermin pada sisa-sisa reliefnya yang terpahat halus di permukaan batu bata. Relief yang terpahat di Candi Mirigambar ini mengisahkan tentang legenda Angling Dharma, sehingga candi ini sering juga disebut dengan sebutan Candi Angling Dharma.
Candi Mirigambar diperkirakan dibangun pada akhir abad XII hingga akhir abad XIV, sesuai dengan relief angka yang terpahat pada candi ini yakni 1214 Saka dan 1310 Saka. Dari situ pula dapat dilihat bahwa, pembangunan candi Mirigambar tergolong cukup lama, yakni sejak akhir pemerintahan Kertanegara (Singosari) hingga masa pemerintahan Hayam Wuruk (Majapahit).
Banyaknya tinggalan-tinggalan lain di sekitar Candi MiriGambar, mengindikasikan bahwa dahulunya lokasi ini merupakan sebuah komplek percandian yang sangat luas. Sehingga tidak mengherankan jiga pembangunannya memakan waktu yang cukup lama. Tinggalan-tinggalan lain yang berada di sekitar Candi Mirigambar antara lain Bekas Pemandian Mliwis Putih, Candi Tuban, dan reruntuhan candi lain 300 m di timur Candi Mirigambar.

PANTAI SANGGAR

nah guys salah satu pantai ini yang tidak boleh dilewatkan , pantai ini sangat menakjubkan begitu indah dan saya tidak bisa menggambarkan pantai ini dengan kata-kata ,akan tetapi untuk menjangkau lokasi kalian akan diuji dengan medan yang amat sangat terjal , mulai dari tanjakan naik ,dan jalan yang hanya selebar kurang lebih 1.5 meter sedangkan sebelah kanan tebing sebelah kiri jurang ,wow bisa membayangkan gak guys? oh ya jalan yang selebar 1.5 meter ini tidak bisa dibuat 2 motor lo guys so kalian bisa nangis dijalan tapi akan dibayar lunas saat kalian sampai dilokasi
 sanggarPANORAMA.1
Tulungagung - Paciwistu
Hembusan angin laut, suara demburan ombak menambah semangat untuk segera ke Pantai Sanggar. Wow ... kata pertama pengunjung mahasiswa dari Bali. Mahasiswa tersebut kami panggil Iko dan berkata  "Pantai Dreamland Bali kalah"

 Mulai saat itu Paciwistu menyebut Pantai Sanggar adalah Pantai Dreamland Tulungagung. Air laut yang jernih, hamparan pasir putih nan luas, panorama pepohonan nan hijau, angin sepoi - sepoi kalau Paciwistu sebut Pantai masih Perawan. Hemm indah ... langsung cebur mandi, main pasir, ada yang main futsal, ada yang terduduk menikmati Pantai, ada menyiapkan makanan. (berita berdasarkan kegiatan Paciwistu, tanggal 11 November 2012)
Menuju Pantai Sanggar dari Tulungagung, di mulai dari Terminal Gayatri perjalanan naik sepeda motor kurang 1,5 jam berjarak kurang lebih 46 km. Sepeda motor dari Terminal Gayatri menuju perempatan tamanan, belok kanan, menuju Boyolangu dilanjut terus sampai Campurdarat, sampai SMU Campurdarat belok kiri, nanti ketemu tempat wisata juga yang bernama Telaga Mburet (sumber air yang indah) terus menuju Tanggunggunung, terus ke arah desa Jenglungharjo, dan finish dusun Ngelo.
Dari Dusun Ngelo bisa naik sepeda motor, tapi hati - hati jalan masih tanah, kalo takut bisa ojek ke warga setempat, dan lebih aman jalan kaki. Teman Paciwistu paling suka jalan kaki, ada sedikit nuasa adventure kurang lebih 35 menit sampai Pantai Ngalur (Keindahan Pantai Ngalur sama dengan Pantai Sanggar) terus menyusuri Pantai Ngalur menyebrang karang sedikit sampailah ke Pantai Sanggar.
Di Pantai Sanggar tidak ada yang jualan, resiko kalo pantai masih perawan. Karena itu disarankan membawa air mineral 1.500 ml minimal 2 botol, nasi bungkus 2 buah, jas hujan, snack yang banyak, buah, jangan lupa kamera untuk mengabdikan moment, dan tisu basah bagi perempuan.
    see you guys

Tulungagung. Pantai Sanggar panoramanya sangat indah, karena sangat indahnya paciwistu menyebut Pantai Sanggar Dream Land Tulungagung. Air laut yang bening, hamparan pasir putih, areal pantai luas, dan panorama alami membuat ingin berlama – lama sekitar Pantai Sanggar. Di jamin rugi kalo belum Pantai Sangg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar