Permainan Bola Basket

Senin, 27 Oktober 2014

Manfaat Permainan Basket bagi Anak

Siapa yang tidak kenal permainan basket? Di sekolah, di tanah lapang dekat rumah, dan tentunya di televisi, kita sering melihat permainan basket. Tak heran jika para orang tua dan anak-anak menggemarinya. Basket memang jenis olahraga yang sangat menyenangkan. Jika si kecil memiliki ketertarikan terhadap permainan basket, sebaiknya Anda mendukungnya sepenuh hati karena olahraga ini ternyata memiliki banyak manfaat.

yep kita cek 
 
Basket Untuk Kesehatan Fisik:
Keuntungan nomor satu dari bermain basket adalah anak-anak dapat meningkatkan kesehatan fisik mereka. Olahraga basket sangat bermanfaat bagi kesehatan anak karena banyak melibatkan aktivitas berlari dan melompat sehingga anak dapat mengembangkan kekuatan fisik, kecepatan dan bahkan kesehatan jantung. Selain itu, bermain basket akan membakar kalori dalam jumlah yang cukup banyak.     

Baket mengajarkan Anak Bersosialisasi:
Permainan basket adalah permainan tim dan bukan permainan individu. Dasar dari bermain basket adalah mengoper bola. “Kita tidak bisa mengoper bola pada diri sendiri, kita harus memberikannya pada rekan satu tim,” ujar Stephen L. Metcalfe, yang akrab disapa Met, pendiri Karawaci Youth League Sports di Karawaci, Tangerang. “Ide keseluruhan dari permainan basket adalah bekerja sama untuk mencapai satu tujuan,” lanjut Met. Dengan bekerja sama dalam satu tim, anak-anak dapat membentuk rasa hormat pada rekan sepermainannya dan mengembangkan kemampuan bersosialisasi mereka.

Basket untuk Perkembangan Mental:
Bermain basket dapat meningkatkan rasa percaya diri anak. Saat anak berhasil memasukkan bola ke dalam keranjang, akan timbul kebanggaan dalam diri anak yang kemudian membuatnya lebih percaya diri. Selain itu, permainan basket juga akan meningkatkan kemampuan otak pada anak saat mereka berusaha memahami strategi permainan basket seperti offence (menyerang) dan defence (bertahan).

Basket untuk Bersenang-senang:
Dimanapun mereka berada, anak-anak tetaplah anak kecil. Mereka melakukan berbagai hal dengan kesenangan dan kegembiraan. Bermain bersama, mengembangkan strategi permainan dan membentuk ikatan antar teman sebaya pastinya akan menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi si kecil.


Nah selain itu ada manfaat lain nih  
  6 Manfaat Bermain Basket





manfaat basket

Permainan bola basket yang diciptakan tahun 1891 ini kebanyakan memang dilakukan hanya oleh remaja dan dewasa muda saja. Hal tersebut disebabkan karena gerakan dan aturan mainnya cukup sulit dan butuh keahlian khusus, selain juga butuh energi besar.
Namun manfaat yang didapat dari bermain basket rupanya juga tidak sedikit. Dikutip dari laman Magforwomen, berikut adalah manfaat kesehatan dari bermain bola basket yang dapat Anda rasakan:
  • Melatih seluruh otot tubuh
Gerakan men-drible bola, melempar, melompat, dan lainnya jelas sekali membuat hampir semua otot tubuh bergerak. Mulai dari otot di kaki, tangan, perut, dada, dan lainnya menjadi lebih terlatih saat Anda bermain basket.
  • Menurunkan berat badan
Jika Anda mengalami kelebihan berat badan, pilihan yang menyenangkan untuk menurunkannya adalah dengan bermain basket. Olahraga ini sangat memfasilitasi penurunan berat badan serta membangun massa otot. Satu jam saja Anda melakukan dribbling, passing, lompat dan berlari dalam basket, 700-750 kalori Anda lepas.
  • Meningkatkan fungsi otak
Butuh konsentrasi tinggi saat bermain basket. Mata pemain harus selalu fokus, dan kaki serta tangan beradu cepat dengan gerakan lawan. Ini membuat fungsi otak jadi lebih aktif, dan kerja pikiran dapat lebih cepat.
  • Menstabilkan hormon wanita
Gerakan aktif dalam basket membuat otot perut wanita menjadi lebih kencang. Hasilnya metabolisme tubuh dan masalah penyebab disfungsi hormon yang biasanya dialami oleh wanita muda bisa disembuhkan.
  • Menghindari osteoporosis
Keseimbangan dan koordinasi tubuh sangat dibutuhkan saat seseorang bermain basket. Ini meningkatkan kekuatan tulang, sekaligus juga menghindari osteeoporosis.
  • Baiik untuk pertumbuhan
Anak-anak yang sejak dini dilatih bermain basket punya kecenderungan memiliki pertumbuhan tubuh yang lebih baik dibanding dengan mereka yang tidak. Tubuh mereka jadi lebih tinggi, dan tentu saja lebih sehat.

 nah sekarang kalian jadi lebih paham kan apa saja kelebihan yang diberikan dengan permainan ini tentunya di bidang kesehatan kita sendiri guys ....






 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar