PAKET 1 CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN BAHASA INGGRIS SMP/MTS(41-51)

Rabu, 11 Februari 2015


41.
·         Kemampuan yang diuji           : Menentukan makna kata     
·           Indikator                                : Disajikan satu kalimat yang dicuplik dari advertisement, siswa dapat menentukan makna kata tertentu dari kalimat tersebut
·         Soal :
    … the pure white buffalo, odds of such birth …”
            The meaning of the word “pure” is …
A.    clear
B.     almost
C.     total
D.    holly
·          Kunci Jawaban : C
·          Pembahasan
       Kata yang paling mendekati dari arti kata pure adalah total.


Read the letter below to answer questions 42 to 46.


Text Box: Dear Nan, 

We are having a great a holiday here on the Gold Coast. Yesterday we went to the Movie World.

When we got up in the morning, it looked like rain. After a while the cloud disappeared. And it became a sunny day. We then decided to go to the Movie World.

The first ride I went on was Lethal Weapon. Next I saw the Police Academy show. After that I had lunch as I was really hungry. Meanwhile, Mum and Kelly queued for the Batman ride.
About one o’clock we got a light shower of rain but it cleared up soon after. We then went on all the other rides.

It was a top day. See you when you get back.

Love, 
Sam
 

















42.
·         Kemampuan yang diuji           : Menentukan gambaran umum.    
·         Indikator                                 : Disajikan satu teks berbentuk LETTER, siswa dapat menentukan                                        gambaran umum teks tersebut

·         Soal :
            What is the letter about?
A.    Sam’s holiday.
B.     The Gold Coast.
C.     The Movie World.
D.    The Shower of Rain.
·                                              Kunci Jawaban : A
·                                              Pembahasan
                Surat di atas dapat disimpulkan bahwa surat tersebut tentang Liburan Sam
43.
·         Kemampuan yang diuji           : Menentukan pikiran utama.     
·           Indikator                                : Disajikan satu surat, siswa dapat menentukan pikiran utama dari teks tersebut.
·         Soal :
What is the main idea of paragraph 3?
A.    The weather in Gold Coast.
B.     Police Academy Show.
C.     Sam’s activities in the Movie World.
D.    A great holiday in the Movie World.
·                                              Kunci Jawaban : C
·                                              Pembahasan
                         Kesimpulan dari paragraph 3 pada surat di atas adalah kegiatan yang dilakukan Sam di Movie World.

44.
·         Kemampuan yang diuji           : Menentukan Informasi rinci tersurat.     
·          Indikator                                : Disajikan satu surat, siswa dapat menentukan informasi rinci tersurat dari teks tersebut.
·         Soal :
Where did Sam spend his holiday with his family?
A.    On the Gold Coast.
B.     In the Movie World.
C.     In Lethal Weapon.
D.    At the Police Academy.
·                                              Kunci Jawaban : A
·                                              Pembahasan
            Jawaban ini diambil dari kalimat We are having a great a holiday here on the Gold Coast

45.
·         Kemampuan yang diuji           : Menentukan informasi tersirat.     
·          Indikator                                   : Disajikan satu surat, siswa dapat menentukan informasi      tersirat dari teks tersebut.
·         Soal :
What did they get at one o’clock?
A.    Lunch.
B.     Shower.
C.     A little rain.
D.    Batman ride.
·                                              Kunci Jawaban : C
·                                              Pembahasan
            Kunci jawaban yang tepat adalah C, karena tiba tiba ada hujan rintik-rintik.








46.
·         Kemampuan yang diuji           : Menentukan Rujukan kata.     
·          Indikator                                : Disajikan satu surat, siswa dapat menentukan rujukan kata tertentu dari teks tersebut.
·         Soal :
            The word ‘we’ in the text refers to…
A.    Sam and Nan
B.     Sam and Mum
C.     Mum and Kelly
D.    Sam, Mum, and Kelly
·                                              Kunci Jawaban : D
·                                              Pembahasan
                         Kata we pada surat di atas merujuk pada Sam, Mum and Kelly.

47.
·         Kemampuan yang diuji           : Menentukan makna kata.     
·          Indikator                                : Disajikan satu surat, siswa dapat menentukan makna kata terntentu dalam surat tersebut.
·         Soal :
            The word queued in paragraph 3 means ……
A.    went on
B.     lined up
C.     sat down
D.    waited for
·                                              Kunci Jawaban : B
·                                              Pembahasan
                         Makna kata yang tepat untuk kata queued adalah lined up (antri).


            For questions 48 to 51, choose the best words to complete the text.

PLATYPUS
Many people call platypus duckbill because this animal has a bill like duckbill. Platypus …(48) a native Tasmania and southern and eastern Australia.
Platypus … (49) a flat tail and webbed feet. Its body length is 30 to 45 cm and covered with a thick and woolly layer of fur. Its bill is detecting prey and stirring up mud. Platypus' eyes and head are small. It has no ears but has ability to sense sound and light.
Platypus … (50) in streams, rivers, and lakes. Female platypus usually dig burrows in the streams or river banks. The burrows are blocked with soil to …(51) it from intruders and flooding. In the other hand, male platypus does not need any burrow to stay.





48.
·         Kemampuan yang diuji           : Melengkapi teks rumpang.     
·          Indikator                                : Disajikan satu teks deskriptif dengan 4 rumpang, siswa dapat menentukan kata kerja yang tepat untuk melengkapi teks rumpang tersebut
·          Soal :

            A.  is
            B.  are
            C.  was
            D.  were
·          Kunci Jawaban : A
·          Pembahasan
       Platypus adalah kata benda bentuk tunggal dan dalam bentuk present. Diketahui dari kalimat sebelumnya.
     
49.
·         Kemampuan yang diuji           : Melengkapi teks rumpang.     
·          Indikator                                : Disajikan satu teks deskriptif dengan 4 rumpang, siswa dapat menentukan kata kerja yang tepat untuk melengkapi teks rumpang tersebut
·         Soal :
A.  has
            B.  had
            C.  have
            D.  having
·          Kunci Jawaban : A
·          Pembahasan
       Kalimat dalam bentuk the simple present tense dan untuk subject platypus, kata kerja
       yang tepat adalah has.

50.
·         Kemampuan yang diuji           : Melengkapi teks rumpang.     
·          Indikator                                : Disajikan satu teks deskriptif dengan 4 rumpang, siswa dapat menentukan kata kerja yang tepat untuk melengkapi teks rumpang tersebut
·         Soal :
                 
            A.  live
B.  lives
C.  lived
D.  living
·          Kunci Jawaban : B
·          Pembahasan
                                     Kalimat dalam bentuk the simple present tense dan untuk subject platypus, kata kerja
                                     yang tepat adalah lives




51.
·       Kemampuan yang diuji            : Melengkapi teks rumpang.    
·       Indikator                                  : Disajikan satu teks deskriptif dengan 4 rumpang, siswa        dapat                                                 menentukan kata kerja yang tepat untuk                      melengkapi teks rumpang tersebut
·       Soal :
      A.  protecting
      B.  protected
      C.  protects
      D.  protect
·          Kunci Jawaban : D
·          Pembahasan
       Kata kerja yang tepat setelah to adalah kata kerja dasar. Maka kata kerja yang tepat adalah protect.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar